[ gambar ] Inilah benda yang dibawa bersama untuk ke Planet Musytari pada tahun 2016

1. Mainan Lego



Pada 5 Ogos 2011 lalu, NASA melancarkan pesawat Juno, yang ketika mencapai Musytaripada tahun 2016, akan mengorbit planet tersebut selama satu tahun bumi untuk mempelajari atmosfernya sebelum mencapai permukaan.

Bersama turut serta dalam pesawat ruang angkasa adalah tiga patung mainan Lego: Jupiter, raja para dewa Romawi; Juno, salah satu isterinya; dan salah satu astronomi, Galileo Galilei. Penempatan objek ini merupakan bahagian dari rancangan antara NASA dan kelompok LEGO untuk menarik minat anak-anak dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi.


2. Piringan Emas


Sejak tahun 1977, iaitu ketika pesawat NASA Voyager 1 dan Voyager 2 dilancarkan ke ruang angkasa, setiap bentuk yang punya potensi kehidupan dan punya kemampuan mendengar, punya akses terhadap suara-suara yang ada di bumi. Apa saja isi rakaman tersebut?

Suara tersebut antara lain terdiri dari muzik dari berbagai budaya dan era, suara alam dan suara buatan manusia (aaitu, ciuman antara ibu dan anak, suara hujan, angin dan surfing), semua ada dalam 12-inci cakra tembaga berlapis emas.

Isi dari rakaman ini dipilih oleh sebuah komite yang diketuai oleh Carl Sagan, juga mencakup sebuah pesan dari Presiden Jimmy Carter dan 115 gambar yang dikodkan dalam bentuk analog.


3. Artefak dari Jamestown


Artifak ini ditemukan dari dasar sebuah perladangan oleh para arkeologi yang meneliti koloni di Jamestown, Virginia, Bongkahan bertulisan “Yames Towne” ini kemungkinan pernah melekat pada peti pengiriman barang. NASA menempatkan artifak ini bersama dua set coin di kapal pesawat ulang-alik Atlantis untuk misi Mac 2007, dalam rangka memperingati Jamestown iaitu pekampungan pertama orang Inggeris di Amerika.


4. Lightsaber Milik Luke Skywalker




Penggemar Star Wars tentu sudah tidak asing dengan pedang lightsaber milik Luke Skywalker. Properti dari filem Return of The Jedi ini ikut ke ruang angkasa bersama pesawat ulang alik Discovery dalam rangka merayakan ulang tahun ke 30 dari rilis Star Wars 1977.

Lightsaber tersebut diantar ke bandarCalifornia oleh orang berpakaian seperti Chewbacca, diterbangkan ke Houston, bertemu di sana dengan orang-orang berkostum Star Wars, dipajang sebentar di Johnson Space Center, diterbangkan ke Cape Canaveral, kemudian meluncur ke ruang angkasa dan kembali ke bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: